Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengobati Gusi Berdarah dan Bengkak

Penyakit gusi bengkak memang menjengkelkan karena si penderita biasanya akan dibuat merasa tidak nyaman, bagaimana tidak, jika terus dibiarkan bisa-bisa penyakit ini akan berlanjut menjadi penyakit gusi berdarah, lalu bagaimana cara mengobati gusi berdarah dan bengkak secara alami?

Konsultasi ke dokter merupakan jawaban yang paling tepat sebenarnya, dan itu juga merupakan jawaban atas permasalahan pada gusi anda. Namun, terkadang kita tidak punya waktu untuk berkunjung ke dokter gigi, atau bisa saja karena alasan lain seperti hari libur yang dan dokter gigi tidak ada di tempat sementara pembengkakan gusi kita sudah menjadi-jadi.

Bagaimana Cara Mengobati Gusi Berdarah dan Bengkak Secara Alami dan Tradisional

Hal Penting Sebelum Mengetahui Cara Mengobati Gusi Berdarah dan Bengkak Secara Alami


Nah, untuk itu saya akan coba memberikan tips bagaimana mengobati gusi berdarah dan bengkak secara alami. Pada gusi sendiri ada beberapa tahapan saat penyakit gusi itu timbul. Yaitu :

1. Gingivitis
Gingivitis adalah salah satu tahapan pada penyakit gusi yang terjadi karena kurangnya kebersihan gigi karena terbentuknya plak yang tidak mampu terangkat saat kita membersihkan gigi.  Plak sangat berbahaya karena mengandung racun  yang bisa mengiritasi lapisan luar gigi. Gingivitis merupakan tahap awal dari penyakit gusi. Disini jaringan luar gusi yang menyangga gigi memang belum terinfeksi sehingga masih bisa diambil tindakan pencegahan  untuk kerusakkan yang lebih lanjut.

2. Periodontitis
Pada tahapan ini baik penyangga maupun yang menyangga gigi memang sudah mengalami kerusakkan. Jika anda pernah merasakan kantung-kantung atau benjolan pada gusi anda, maka bisa dipastikan anda sudah pada tahap ini. Untuk mencegah dan menghentikannya adalah dengan membersihkan gigi secara rutin.

3. Advanced Periodontitis
Ini merupakan tahap yang paling parah dimana baikt tulang maupun jaringan yang menyangga gigi sudah benar-benar hancur. Pada tahapan ini bisa saja gigi anda tanggal karena sudah keropos dan rusak.

Gejala Yang Mungkin Timbul Jika Anda Tidak Melakukan Cara Mengobati Gusi Berdarah dan Bengkak Secara Alami


Apa saja gejala-gejala gejala jika mengalami pembengkakan gusi
  1. terasa ada benjolan pada gusi kita yang bisa kita rasakan dengan lidah, selain itu gusi juga menjadi berwarna merah.
  2. Keluarnya darah pada saat-saat tertentu karena benjolan atau pembengkakan tadi pecah sehingga mengeluarkan darah. Terutama saat kita menyikat gigi.
  3. Gusi yang tidak lagi kuat menyangga mengalami penurunan untuk menyangga gigi sehingga gigi akan terlihat lebih panjang dari biasanya.
  4. Gigi mulai goyang terutama saat kita menyentuhnya dengan lidah maupun tangan.
  5. Mula terdapat jarak antara gigi dan gusi yang juga bisa membentuk kantung.
  6. Bau mulut yang tidak sedap.
  7. Munculnya nanah antara gusi dan gigi.

Cara Mengobati Gusi Berdarah dan Bengkak Secara Alami dan Tradisional


Lalu jika sudah terjadi pembengkakan gusi dan gusi berdarah, bagaimana cara mengobatinya terutama cara alami dan tradisional? Alam kita di Indonesia sangat mendukung untuk kesehatan masyarakat di Indonesia, selain itu nenek moyang kita juga sudah mewariskan banyak obat-obatan yang bisa diolah dari alam Indonesia. Untuk itu kita patus bersyukur karena salah satu warisan nenek moyang kita adalah cara mengobati gusi berdarah dan bengkak. Dibawah ini adalah beberapa cara mengobati gusi berdarah dan bengkak secara alami dan tradisional.

1. Air Lemon
Air perasan lemon bisa anda gunakan untuk berkumur. Kandungan air lemon memang memiliki kandungan yang bisa membunuh kuman dalam mulut sehingga memang sangat berkhasiat dalam mengobati gusi berdarah dan bengkak. Gunakan perasan air lemon untuk berkumur 2 sampai 3 kali sehari selama beberapa menit.

2. Larutan Air Garam
Selain menjadi salah satu cara untuk mengobati sakit gigi karena berlubang dan mengobati mencret atau diare, larutan air garam juga dipercaya bisa menjadi salah satu cara mengobati gusi berdarah dan bengkak. Anda hanya perlu membuat larutan air garam menggunakan satu sendok makan garam yang dicampur dengan segelas air hangat lalu aduk merata. Untuk menggunakannya cukup digunakan sebagai obat kumur beberapa menit dan dilakukan beberapa kali dalam sehari.

3. Daun Jarak dan Kapur sirih
Cara membuatnya cukup mudah, yaitu hanya dengan merebus 1 sendok kapur sirih dan 5 lembar daun jarak menggunakan 4 gelas air dan menggunakan airnya sebagai obat kumur.

4. Daun & Akar Sereh
Selain ketiga cara diatas ada juga cara mengobati gusi berdarah dan bengkak dengan menggunakan 15 gram akar dan daun sereh. Lalu ditambah juga dengan 20 gram kunyit. Lalu direbus menggunakan 500cc air yang sudah dicampur dengan garam secukupnya. lalu rebus hingga menguap dan tersisa 200cc dan minum air larutan itu.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country