Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi memang penyakit yang paling menyiksa di dunia ini, bahkan banyak orang bilang lebih baik merasakan sakit hati daripada sakit gigi, karena jika kita terkena sakit gigi, apa yang kita lakukan pasti salah.

Tapi diantara banyak penyebab sakit gigi, sakit gigi karena berlubang merupakan yang paling menyiksa karena sakitnya memang benar-benar hebat. Sebenarnya, sakit gigi yang kita alami ini disebabkan oleh bakteri mulut yang menempel pada gigi kita. Bakteri ini akan mengubah sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi kita menjadi asam yang akan membentuk plak. Plak ini juga mengandung mikroorganisme yang bisa mengikis email gigi sehingga gigi kita menjadi berlubang.

Memang sih, lubang pada gigi kita itu tidak terlihat jika masih kecil, termasuk tidak bisa dirasakan. Paling hanya merasakan gigi ngilu saat memakan makanan yang terlalu manis atau dingin. Namun lama kelamaan lubang pada gigi itu akan membesar. Luang ini akan membuat peradangan yang menyentuh saraf gigi sehingga sakit gigi tidak dapat terhindarkan. Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi karena berlubang?


Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi Karena Berlubang?


Yang pertama bisa anda gunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang sudah dipercaya mampu meringankan rasa sakit pada gigi berlubang. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membasahi kapas dengan minyak cengkeh lalu mengoleskannya pada gigi yang sakit karena berlubang itu. Lalu bagaimana bisa minyak cengkeh meredakan rasa sakit gigi? Sebenarnya di dalam minyak cengkeh itu terdapat kandungan minyak atsiri yang memang terbukti berkhasiat sebagai anestasi lokal. Jadi, jika gigi anda mulai terasa sakit mendenyut anda bisa menghilangkan rasa sakit itu untuk sementara waktu menggunakan minyak cengkeh.

Cara mengobati sakit gigi karena berlubang yang kedua adalah dengan mengandalkan larutan garam. Garam secukupnya dilarutkan pada segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Nenek moyang kita dari dulu sudah menggunakannya dan memang bisa mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang.

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang ketiga adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Selain untuk mengobati mencret atau diare, daun jambu biji ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Caranya dengan melumatkan beberapa helai daun jambu biji yang sudah dicuci bersih lalu anda taruh daun jambu biji yang sudah dilumatkan tersebut pada lubang di gigi.

Jika dari ketiga ramuan diatas tidak satupun yang mampu mengobati atau minimal meringankan rasa sakit gigi anda, mungkin karena gigi yang berlubang memang sudah meradang hingga mengenai saraf pada gigi. Atau bisa saja abses sudah terjadi pada akar gigi. Jika ini benar-benar terjadi rasa sakitnya akan teramat sangat. Jika hal itu sudah terjadi, anda harus segera memeriksakan gigi anda ke dokter gigi agar mendapatkan penanganan yang tepat atau bila perlu dicabut. jangan pernah takut untuk pergi kedokter gigi atau mencabut gigi anda karena sebenarnya mencabut gigi itu tidak sakit karena saya juga sudah pernah merasakan gigi dicabut oleh dokter gigi itu seperti apa. Dan memang tidak sakit sedikitpun. Jadi, cara mengobati sakit gigi karena berlubang yang paling manjur adalah dengan berobat ke dokter gigi.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country