Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengobati Uban Rambut secara Tradisional

Uban sebenarnya hal yang lumrah terjadi pada manusia, namun alasan penampilan membuat manusia ingin menyingkirkan masalah uban ini dari atas kepala mereka, sekarang kami akan mencoba untuk memberikan beberapa cara mengobati uban yang sudah mulai tumbuh diatas kepala kamu.

Sebenarnya, semua manusia pasti akan ubanan jika saatnya tiba, namun terkadang uban muncul saat kita masih cukup muda. Ya, sekarang uban muncul pada diri seorang tanpa pandang bulu. Baik muda ataupun tua akan mendapatkan uban. Biasanya orang akan mengambil jalan cepat untuk menyingkirkan uban yaitu dengan cara mencabutnya. Tapi jika kamu tahu, hal itu justru akan berdampak buruk buat kamu. Jika kamu mencabut uban, bisa saja pori-pori pada kulit kepala menjadi rusak yang juga akan memberikan dampak buruk bagi akar saraf rambut kamu. Untuk itulah kamu perlu mengetahui cara mengobati uban yang akan kami berikan

Sebenarnya penyebab utama rambut mulai ditumbuhi uban karena ada masalah pada produksi melanin untuk rambut kita. Produksi melanin yang kurang memenuhi kebutuhan rambut akan membuat rambut kehilangan warnanya dan sebagai akibatnya rambut menjadi putih atau beruban. Lalu bagaimana cara mengobati uban?


Bagaimana Cara Mencegah & Mengobati Uban Rambut Secara Alami dan Tradisional

Mencegah Pertumbuhan Uban Sebelum Melakukan Cara Mengobati Uban


Ya, ini adalah cara terbaik agar rambut kita tidak terlalu cepat ditumbuhi dengan uban. Kita tahu kalau anak muda seperti saya juga sudah mulai ditumbuhi uban pada kepala kita. Lalu bagaimana caranya agar uban tidak tumbuh pada kita yang masih muda? Ini menurut pengalaman yang telah saya dapatkan selama hidup saya.

1. Gonta-ganti Shampo
Dulu sewaktu saya kecil saya menggunakan shampoo merk A (Saya tidak menyebut merk shampoo untuak menghindari promosi). Saya menggunakan shampoo merk A sejak kecil hingga tiba masa puber sekitar umur 15 tahun. Dan selama itu pula pertumbuhan rambut saya sangat sehat. Tumbuh lebat dan setiap helai rambut saya sangat tebal. Yach... Cukuplah untuk membuat sahabat saya ngiri (memang fakta). Tapi semenjak saya mengganti shampoo saya ke merk B, uban mulai tumbuh dikepala saya. Padahal umur saya masih 16 tahun saat itu. Meski uban yang tumbuh masih satu-satu, namun cukup mengganggu kepercayaan diri saya.

2. Menggunakan dan Gonta-ganti Minyak Rambut
Karena saya seorang pria, saya menggunakan minyak rambut untuk mendongkrak penampilan saya. Apalagi saya memang masih dalam masa puber. Beberapa minggu semenjak saya menggunakan minyak rambut, uban yang tumbuh pun semakin banyak. Tidak hanya satu-satu, namun ada beberapa helai rambut yang sudah beruban. Ini membuat saya depresi. Saya berfikir mungkin minyak rambut ini kurang cocok untuk rambut saya. Akhirnya saya mengganti minyak rambut dengan merk lain. Setelah saya pakai bukannya membaik atau minimal mereda, uban justru tumbuh semakin banyak. Saya semakin bingung dibuatnya.

3. Stress
Entah kenapa saat mendekati ujian nasional pertumbuhan uban saya semakin banyak saja. Saya sadari saat ujian nasional saya memang sedikit stress dan frustasi, terbukti saat menghadapi ujian saya memang selalu sakit seperti demam. Dan saya pikir ini juga berakibat buruk pada produksi melanin yang membuat rambut saya beruban. Jadi saran saya, jauhi hal-hal yang membuat banyak pikiran yang bisa mengakibatkan stress. Tidak ada salahnya sesekali liburan untuk menghilangkan penat pekerjaan atau stress.

Ketiga hal diatas adalah pengalaman pribadi, sejak saya kembali ke shampoo saya semula, dan berhenti untuk menggunakan minyak rambut, pertumbuhan uban perlahan mulai mereda. Saya cukup lega. Dari situ saya mulai bisa mengambil kesimpulan. Lalu bagaimana jika uban sudah terlanjur tumbuh subur diatas kepala kita? Saya akan mencoba untuk memberikan cara mengobati uban dan akan mengatasi uban yang ada diantara rambut kamu.

Beberapa Cara Mengobati Uban


Untuk mengatasi uban, sebenarnya tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Bebeapa orang mungkin memilik untuk mewarnai rambut mereka. Namun tetap saja jika zat pewarna rambut telah hilang dari lapisan rambut uban akan tetap muncul. Ini merupakan pemecahan masalah untuk sementara saja. Untuk mulai mengobati uban secara tuntas, kita cukup melakukan gaya hidup sehat saja seperti berolahraga secara rutin dan teratur. Hentikan juga kebiasaan merokok yang selama ini kamu lakukan, selain itu jika kamu adalah orang yang doyan mengkonsumsi minuman beralkohol, kamu harus mulai belajar berhenti mengkonsumsinya.

Konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti buah-buahan dan sayur mayur. Konsumsi juga makanan yang bernutrisi tinggi dan rendah lemak. Untuk mempercepat kembalinya produksi pigmen rambut seperti semula bisa kamu gunakan vitamin rambut agar rambut kembali mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

Perlu kamu ketahui terhambatnya pigmen pewarna rambut yang bernama melanin untuk menyebar kesetiap helai rambutlah yang menyebabkan uban karena melanin gagal tersalur keseluruh rambut. yang memproduksi zat melanin itu sendiri disebut dengan Melanosit. Jika Melanosit kekurangan beberapa vitamin yang dibutuhkan seperti Vitamin B12, maka bisa dipastikan melanin akan terhambat untuk menyebar keseluruh rambut. Jadi, kamu hanya cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 saja. Seperti Hati, kepiting, kerang, ikan tuna, susu, telur, unggas, dan lain-lain.

Unsur lainnya yang juga bermanfaat untuk mengobati uban adalah zat besi. Zat besi merupakan unsur terpenting yang mampu merangsang produksi melanosit. Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan zat besi adalah daging merah dan sayur-sayuran hijau.


Cara mengobati Uban Secara Alami dan Tradisional


Saya juga memiliki cara mengobati uban secara alami yang bisa kamu gunakan atau kamu buat sendiri dirumah. Yaitu dengan menggunakan biji buah pepaya. Biji buah pepaya memang memiliki  kandungan yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Cara membuatnya hanya dengan memanggang dan menumbuk halus biji buah pepaya lalu dicampur dengan minyak kelapa sedikit saja. Cara penggunaannya hanya dengan mengoleskan campuran biji buah pepaya dengan minyak kelapa itu ke kulit kepala dan rambut kita. Biarkan satu jam agar meresap untuk selanjutnya bisa kamu cuci hingga bersih.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country