Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengobati Keloid Pada Kulit

Pernah mendengar Keloid? Bagi kamu yang memiliki daging tumbuh atau timbul pada bagian bekas luka, dan bentuknya tidak wajar atau bisa kamu lihat seperti pada gambar dibawah ini, sebaiknya kamu berhati-hati, karena bisa jadi itu adalah Keloid, lalu bagaimana cara mengobati keloid agar cepat sembuh dan kulit ki9ta menjadi normal kembali?

Sebelum mengetahui hal itu, ada baiknya kita ketahui dulu apa dan kenapa penyakit keloid ini bisa timbul. Dalam dunia kedokteran sendiri penyakit keloid ini lebih sering disebut dengan Hipertrofik, dan biasa terjadi pada bekas luka dikulit manusia. Terjadinya keloid pada kulit lebih disebabkan oleh adanya bakeri atau jamur atau bisa juga karena terjadi infeksi yang masih tertinggal dalam proses penyembuhan kulit kita dari luka.

Karena, selama proses penyembuhan tidak sepenuhnya infeksi yang kita alami itu menghilang. Inilah yang akhirnya menyebabkan timbulnya jaringan parut. Infeksi yang ada dibawah keloid yang kita alami akan terus dan terus memproduksi lebih banyak jaringan baru karena infeksi dibagian dalam itu yang tak kunjung sembuh. sehingga pertumbuhan jaringan baru menjadi tidak normal dan membuat kulit akan terangkat keatas dan bekas luka menjadi naik dari permukaan kulit kita. Keloid sendiri biasanya berwarna merah atau berwarna coklat/gelap dan bagi kamu yang tidak menderita penyakit keloid, jangan khawatir karena ini hanyalah kelainan dan tidak menular.

Cara Mengobati Keloid Pada Kulit Hingga Sembuh


Sedangkan untuk kamu yang menderita penyakit keloid ini sendiri sebenarnya kamu juga tidak perlu merisaukan kelainan keloid ini karena penyakit ini tidak mengancam nyawa kamu, hanya saja dalam beberapa kasus seseorang merasa tidak nyaman karena keloid tumbuh pada bagian yang terlihat dari luas sehingga mempengaruhi penampilan. Misalnya saja diwajah atau tangan. Atau ditempat yang tertutup namun berukuran cukup atau malah sangat besar  sehingga membuat penderitanya tidak nyaman.
Beberapa jenis luka yang bisa menimbulkan keloid sendiri sebenarnya ada banyak. Dan beberapa halnya seperti luka bakar, tato atau goresan kecil, jerawat, cacar air, bekas suntikkan, bekas pemotongan dari operasi pembedahan/sesar, dan juga tindikan di telinga. Dan biasanya orang yang paling sering mengalami kelainan keloid ini adalah orang yang berumur antara 10 hingga 20 tahun.

Gejala penyakit keloid

Buat kamu yang mulai merasakan gejala dibawah ini sebaiknya kamu lebih berhati-hati dan periksakan ke dokter bila perlu penyakit keloid ini agar mendapatkan cara mengobati keloid dengan cara yang tepat dan benar. Operasi mungkin saja dilakukan namun tidak menutup kemungkinan malah membuat keloid semakin besar. Jadi konsultasikan dengan dokter kamu secara mendalam. gejala-gejala itu antara lain mulai timbulnya benjolan  berwarna merah atau gelap (gelap biasanya karena terlalu sering terkena sinar matahari) dan bentuknya tidak beraturan serta kenyal  jika dientuh dan gatal serta nyeri saat disentuh. Benjolan ini akan mulai melebar atau malah meninggi. Kenyal pada benjolan ini akan bersifat sementara karena semakin lama akan semakin mengeras dan tidak terasa apa-apa baik gatal maupun rasa nyeri.

Cara Mengobati Penyakit Keloid

Untuk mulai mengobati penyakit atau kelainan keloid ini sendiri tidak bisa asal, operasi beresiko membuat keloid semakin membesar, selain itu pengobatan herbal juga sangat jarang sekali. Kamu mungkin bisa menemukan obat-obatan yang dijual dipasaran atau di situs-situs internet dan mereka menjanjikan obat itu bisa mengobati keloid yang kami derita. Namun tetap saja sebenarnya itu juga tidak menjamin. Jadi jangan asal memilih obat.

Cara terbaik mengobat keloid adalah dengan mengkonsultasikannya dengan dokter kamu atau dokter yang memang ahli dibidangnya. Tanyakan langsung secara detail, jika dokter mengharuskan operasi, tanya kepada dokter itu apakah operasi bisa beresiko membuat keloid semakin membesar atau tidak?

Sebenarnya, jika keloid yang kamu alami tidak terlalu besar apalagi didaerah yang memang tertutup sebenarnya keloid tidak perlu diobati karena hanya akan menambah beban pikiran saja. Apalagi jika kamu memang benar-benar berniat mengobatinya dengan melakukan segala cara. Salah-salah nyawa sebagai taruhannya atau malah menjadi tumor yang menyiksa seumur hidup kamu.

Bebera metode cara mengobati keloid dibwah ini adalah yang paling sering dilakukan. Walau bagaimanapun ambillah cara mengobat keloid yang tepat dan sejauh mungkin hindari resiko yang terlalu besar.

1. Operasi
Jalan operasi memang bisa dilakukan dan berpotensi menyembuhkan keloid, namun juga memiliki resiko membuat keloid justru semakin parah dan membesar yang akan membuat keloid lebih parah dari sebelumnya. Biasanya jalan operasi juga harus dikombinasikan dengan treatmen lainnya agar pengobatan yang satu ini bisa menjadi benar-benar efektif.

2. Injeksi Steroid
Yaitu dengan cara menginjeksikan serangkaian triamcinolone acetonida dan berbagai corticosteroid yang lain sehingga ukuran dari keloid yang kita derita bisa mengecil. Hanya saja masalahnya, pengobatan seperti ini rasa sakitnya teramat sangat bahkan sampai menyiksa. Sehingga dokter selalu membius pasien agar rasa sakit bisa dihindari. Namun, rasa sakit yang hebat ini akan segera kembali setelah efek dari obat bius tadi habis. Namun meski begitu, metode pengobatan ini sangat dikenal karena keampuhannya.

3. Mengkompres
Ya, cara ini adalah dengan mengkompresnya dan menggunakan bahan pengompres. Caranya dengan menutup luka keloid dengan plester yang telah mengandung bahan pengompres tadi. Bahan pengompres yang biasa digunakan adalah silikon dan dilakukan dalam rentang waktu tertentu hingga ukuran keloid mengecil. Hanya saja, metode cara mengobati keloid yang satu ini memakan waktu yang sangat lama bahkan hingga berbulan-bulan tergantung dari seberapa parah dan seberapa besar penyakit keloid yang kamu derita.

4. Radiasi
Cara keempat yang biasanya digunakan untuk mengobati keloid adalah dengan radiasi dan terbukti ampuh serta tidak memakan waktu yang lama. Hanya saja, pengobatan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang berdompet tebal karena membutuhkan biaya yang sangat mahal. Tidak hanya itu saja, pengobatan keloid dengan cara radiasi juga akan percuma dan tidak bisa dilakukan jika pengobatan terlambat dilakukan atau sudah terlalu lama dan parah. Jadi kesimpulannya, pengobatan dengan cara radiasi hanya bisa dilakukan jika mulai timbul gejala keloid dan keloid masih kecil. Barulah pengobatan ini bisa dilakukan dan pengobatan pun harus sesegera mungkin dilakukan.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country