Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengobati Scabies / Gudikan

Penderita penyakit scabies atau yang lebih sering disebut dengan gudik memang sangat mengganggu karena gatalnya memang tidak ketolongan, meski gatalnya hanya keluar pada malam hari tapi penyakit menjijikkan ini memang harus segera di obati, lalu bagaimana cara mengobati scabies pada manusia?

Penyakit scabies atau gudik sendiri disebabkan oleh tungau yang membuat suatu terowongan dibagian bawah kulit kita. Biasanya tempat-tempat yang sering diserang itu pada sela-sela jari. Selain itu tungaunya ini juga menyerang lipatan siku luar dan ketiak depan kita.

Tidak hanya bagian tubuh itu saja, kalau untuk laki-laki biasanya scabies juga menyerang bagian kemaluannya. Sedangkan untuk perempuan sendiri biasa menyerang daerah pusar, puting payudara dan perut bawah.

Bagaimana Cara Mengobati Scabies / Gudikan Pada Manusia

Lalu sebenarnya apa penyebab utama penyakit scabies atau gudikan ini? Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah kutu yang lebih sering disebut dengan tungau, biasanya ia menyerang secara berkelompok dan menular dari sentuhan kulit. Tungau ini akan hidup subur ditempat-tempat kotor seperti tempat tidur yang memang tidak terjaga kebersihannya. Jadi berhati-hatilah tidur ditempat-tempat yang kotor. Penularannya juga bisa dari hubungan seksual dan tidur bersama dengan pengidap penyakit ini.

Penggunaan pakaian secara bergantian dengan orang lain juga bisa menularkan penyakit scabies. Untuk membersihkan perlengkapan tidur dan pakaian atau perlengkapan lainnya dari tungau, sebaiknya tempat tidur dijemur secara rutin. Sedangkan untuk perlengkapan seperti sprei bisa direndan dengan air panas lalu dicuci bersih.

Gejala Penyakit Scabies


Apa saja gejala yang ditimbulkan akibat penyakit kulit scabies ini? Tentu saja yang paling terasa adalah rasa gatal yang teramat sangat karena aktifitas tungau tadi yang menggerogoti bagian bawah kulit kita. Terutama pada malam hari. Selain itu biasanya juga akan terdapat benjolan-benjolan yang berisi air pada kulit kita. Gejala lain yang mungkin timbul adalah ruam-ruam berwarna merah.

Cara Mencegah Scabies Menjangkiti Manusia


Tentu saja kebersihan lingkungan adalah faktor utama untuk menjaga diri dari scabies, bersihkan rumah anda terutama tempat dan peralatan tidur anda. Jemur kasur anda secara rutin minimal seminggu sekali agar tungau atau kutu yang terdapat ditempat tidur bisa menghilang.

Pastikan juga kamar tidur kita mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bersihkan juga pakaian kita sebersih-bersihnya. Jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala scabies segeralah obati penderita agar tidak menular kepada anggota keluarga lainnya.

Cara Mengobati Scabies Pada Manusia


Perlu anda tahu kalau mengobati tungau ini memang harus dilakukan dari dalam. Maksudnya bagaimana? Tidak ada obat tradisional yang diracik dan ditempelkan atau dioleskan kekulit lalu membuatnya sembuh. Karena tungau yang ada didalam kulit atau penyakit scabies ini hanya bisa diusir dengan obat-obatan yang kita konsumsi.

Obat ini bisa anda dapatkan di apotik, anda hanya perlu menanyakan saja kepada penjual obat di apotik obat untuk gudik atau scabies. Atau jika ingin lebih efektif anda bisa mengunjungi dan berkonsultasi kepada dokter kulit secara langsung untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Biasanya obat yang diberikan adalah Scabimite cream yang mengandung bahan aktif permethrin 5% berbentuk Cream 5% x 10 g, 30 g.

Bahan aktif Permethrin akan langsung bekerja setelah anda menggunakannya dengan cara menganggu polarisasi dinding sel syaraf parasit (tungau/kutu) yang terdapat pada kulit kita melalui ikatan dengan natrium. Ini tentu saja akan memperlambat repolarisasi dinding sel yang pada akhirnya akan terjadi paralise parasit.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country