Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengobati Mata Rabun Jauh dan Dekat

Mata adalah salah satu indera yang paling berharga bagi manusia, namun sayangnya mata kita ini sangat sensitif. Salah sedikit saja bisa-bisa kita kehilangan penglihatan kita. Jika sesuatu mencederai mata kita bukan tidak mungkin kita akan kehilangan penglihatan kita selamanya. Dan sampai sekarang pun tidak ada obat yang mampu mengobati mata yang rabun.

Daerah yang paling sering dan paling beresiko mengalami mata rabun baik itu rabun jauh maupun rabun dekat adalah perkotaan. Ini karena diperkotaan biasanya jarak pandang tidak terlalu jauh karena dibatasi oleh gedung-gedung tinggi. Selain itu profesi pekerjaan menuntut orang untukberlama-lama didepan komputer. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan mata kita dan berpotensi untuk membuat rabun jauh atau rabun dekat pada mata kita.

Bagaimana Cara Mengobati Mata Rabun Jauh dan Dekat Secara Alami

Membaca buku diruangan yang kurang pencahayaan juga bisa menjadi penyebab mata rabun. Tempat yang sempit dan tertutup yang menjadi tempat bagi kita membaca juga akan membuat mata kita menjadi rabun. Jika terlalu lama membaca dan melihat hal-hal yang terlalu kecil tanpa melihat keluar dengan jarak pandang yang jauh mata kita bisa mengalami rabun. Baik itu rabun jauh ataupun rabun dekat.

Oleh karena itu, kita harus menjaga mata kita karena mata adalah aset yang paling berharga. Jagalah keseimbangan pandangan kita baik itu dari jarak pandang dan juga waktu istirahat untuk mata kita. Semua ini harus kita lakukan agar otot-otot mata kita tidak terlalu kaku. Untuk cara mengobati rabun jauh dan dekat akan kita bahas tuntas disini.

Beberapa kebiasaan atau aktifitas yang bisa membuat mata menjadi rabun jauh atau dekat adalah seperti dibawah ini:

  1. Terlalu sering menonton dilayar lebar seperti bioskop
  2. Membaca di tempat dengan penerangan kurang
  3. Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin A
  4. Membaca sambil tiduran
  5. Terlalu lama berada di depan layar komputer.
  6. Aktifitas membaca yang berlebihan dan terlalu lama
  7. Terlalu sering bermain game apalagi pada jarak yang terlalu dekat dengan layar
  8. Terlalu dekat ke layar saat menonton TV
  9.  
  10.  untuk cara mengurangi atau mengobati rabun jauh dan dekat secara alami sebenarnya bisa dilakukan dengan melakukan senam mata. Latihan ini akan membuat mata kita berkontraksi dengan baik karena senam ini memang mampu merangsang otot-otot mata. Jika rabun jauh atau dekat yang anda miliki tidak terlalu parah kemungkinan sembuh bisa saja anda dapatkan.

    Latihan I Cara Mengobati Mata Rabun Jauh dan Dekat Secara Alami

    Latihan pertama ini bisa anda lakukan dengan melirikkan mata anda kekanan dan kekiri. Untuk melakukannya, sebaiknya dilakukan pada tempat-tempat yang terbuka yang terdapat beberapa pohon yang berada jauh dan dekat dengan anda. Jangan pula memilih tempat yang terlalu banyak orang atau tempat-tempat yang membutuhkan banyak konsentrasi seperti kantor atau sekolah. lakukan beberapa langkah dibawah ini.
  11. Fokuskan pandangan kamu lurus ke depan.
  12. Rentangkan tangan kanan dan kiri kamu sejajar leher lalu acungkan jari telunjuk keatas. Disini, kamu tidak hanya terbatas pada arah kiri atau kanan, kamu bisa juga melihat kearah yang berbeda. Misalnya saja atas dan bawah, kiri atas dan kanan bawah atau sebaliknya.
  13. Fokuskan penglihatan anda pada ujung jari telunjuk pada tangan sebelah kanan yang anda acungkan itu, lalu palingkan wajah anda kekiri secara perlahan-lahan dengan tidak kehilangan fokus anda kejari telunjuk bagian yang lain. Jika memang dibutuhkan anda juga bisa menggunakan kaca mata untuk membantu mata anda agar fokus ke jari telunjuk anda.
  14. Jika sudah merasa maksimal, tahan pandangan anda. 
  15. Jika dirasa sudah cukup dan mata anda sudah mulai lelah , lihatlah objek-objek yang berada jauh dari anda seperti awan dilangit. Lalu pejamkan mata anda untuk mengistirahatkannya.

Latihan II Cara Mengobati Mata Rabun Jauh dan Dekat Secara Alami

Latihan kedua ini akan membantu otot mata anda untuk bisa lebih fokus saat memandang objek yang berada jauh dan dekat. Sangat cocok bagi penderita minus rendah. Jangan terlalu memaksakan diri bagi penderita minus tinggi. Untuk tempat melakukannya masih sama pada latihan pertama diatas. anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Arahkan pandangan anda lurus kedepan
  2. Rentangkan tangan kedepan sejajar dengan leher anda lalu acungkan jari telunjuk keatas seperti pada latihan 1 diatas.
  3. Fokuskan pandangan mata anda pada jari tersebut lalu gerakkan jari anda secara perlahan maju dan mundur tanpa kehilangan fokus mata anda pada jari telunjuk kita. Anda juga bisa menggunakan kaca mata sebagai alat bantu untuk membuat fokus mata anda. 
  4. Jika dirasa sudah cukup anda bisa melepaskan fokus pandangan mata anda lalu melihat objek yang berada jauh dari anda.
  1.  

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country