Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengobati Mata Juling Pada Bayi dan Dewasa

Mata juling atau yang dalam  istilah kedokerannya disebut dengan Strabismus ini selain menganggu penampilan juga sangat menganggu penglihatan kita,pengobatannya juga tidak bisa sembarangan karena ini menyangkut organ tubuh yang sangat sensitif yaitu indera penglihatan.

Pada manusia normal, pandangan mata selalu tertuju ke satu titik fokus meskipun memiliki dua buah mata, namun untuk penderita mata juling arah mata tidak tertuju ke satu titik fokus sehingga objek yang dilihat akan menjadi dua buah atau ganda, ini karena kedua buah bola mata tidak searah.

Ada beberapa penyebab mata juling namun biasanya mata juling sudah dialami sejak manusia masih kecil. namun menurut dunia kedokteran, beberapa penyebab mata juling adalah ketidak seimbangan saraf mata dan otot yang memiliki fungsi mengatur pergerakkan mata, faktor bawaan lahir, perbedaan ketajaman penglihatan mata, pembuluh darah yang pecah diotak, dan kanker mata.

Bagaimana Cara Mengobati Mata Juling Pada Bayi dan Orang Dewasa?

Cara Mengobati Mata Juling Pada Bayi atau Anak-anak

Sebenarnya penyakit atau kelainan mata juling sangat mungkin untuk  diobati, namun jika kelainan ini diderita oleh anak-anak dan diobati sejak dini sejak penderita masih kecil melalui terapi . Terapinya sendiri bukan hanya satu, ada banyak terapi untuk mengobati mata juling tergantung dari penyebab mata juling itu sendiri.

Jika anda memiliki kelainan mata juling yang disebabkan oleh otot mata, pembedahan adalah jalan yang bisa ditempuh untuk mengobati mata juling sesuai dengan kebutuhan. Dengan melakukan pembedahan ini biasanya dokter akan memperpendek otot mata yang terlalu panjang dan begitu pula sebaliknya, memperpanjang otot mata yang terlalu panjang.

Jika kelainan mata juling yang anda alami karena faktor congenital atau karena bawaan lahir, anda bisa berkonsultasi kedokter. Jika mata juling anda memang karena bawaan lahir biasanya pada saat anda berumur 6 bulan kelainan saraf mata atau otot mata sudah langsung bisa diketahui. Biasanya cara mengetahuinya adalah dengan memperhatikan sang anak saat melirik kekanan atau kekiri. biasanya salah satu bola mata tidak akan sampai keujung. Tapi berbeda dengan mata juling yang bukan karena faktor bawaan, julingnya sudah bisa secara jelas terlihat sejak bayi berumur 6 bulan.

Memang beresiko, namun operasi untuk penderita kelainan mata juling  tidak akan sampai mengeluarkan bola mata anda keluar dari tempat atau posisinya (soket). Pembedahan hanya akan menyayat selaput putih pada mata untuk melepaskan dari perlekatan dan memindahkannya ketempat yang menurut dokter akan sesuai. Operasi ini disebut dengan Strabismus.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kalau operasi ini juga mempunyai resiko bagi orang yang dibedah. Beberapa resiko yang mungkin dialami adalah pendarahan, infeksi, dan kelebihan jaringan parut. Untungnya, kecanggihan teknologi saat ini membuat beberapa hal diatas semakin jarang terjadi.\

Cara Mengobati Mata Juling Pada Orang Dewasa

Sedangkan pengobatan mata juling untuk penderita dewasa biasanya dilakukan dengan menutup salah satu mata. Yang ditutup bisa saja mata yang juling atau yang sehat. Jika anda adalah seorang menderita gangguan mata yaitu menurunnya ketajaman penglihatan, biasanya mata yang sehatlah yang ditutup. Namun sebaliknya jika tidak memiliki gangguan mata biasanya mata yang julinglah yang ditutup dengan harapan mendapatkan rangsangan dari mata yang sehat yang digunakan.

Lain lagi jika anda mengalami kelainan mata juling yang disebabkan oleh masalah refraksi, atau yang lebih sering disebut masalah ketajaman penglihatan. Jika memang ini penyebabnya biasanya dokter akan mengobatinya dengan memberikan lensa kontak atau kaca mata.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country