Minggu, 20 Januari 2013

Cara Mengobati Cantengan

Selain kapalan, adalagi masalah yang sering timbul pada kaki, yaitu cantengan, penyakit ini biasa terjadi pada kaki yang disebabkan oleh berbagai hal, jika anda sudah terkena cantengan, rasa sakitnya bisa sangat luar biasa, bahkan sipenderita tidak akan bisa memakai kaus kaki atau sepatu, lalu bagaimana cara mengobati cantengan pada jempol kaki?

Beberapa hal yang bisa menyebabkan cantengan adalah penggunaan sepatu yang terlalu sempit, sepatu yang terlalu sempit akan menekan dan membuat gesekan antara bahan sepatu dengan kaki sehingga terjadilah cantengan.

Penyebab lainnya adalah kesalahan saat memotong kuku kaki. Kebanyakan orang memotong kuku kaki hingga dasar, jika memotong kuku kaki dan pada bagian sudutnya tajam, saat kuku kembali tumbuh bagian kuku yang runcing akan menekan bagian kulit sehingga terjadilah cantengan. Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya cantengan pada jempol kaki.

Bagaimana Cara Mengobati Cantengan Parah Pada Jempol Kaki tanpa operasi

Cara Mencegah Cantengan Pada Jempol Kaki

  1. Membersihkan pemotong kuku sangatlah penting. Kebanyakkan orang membiarkan saja alat pemotong kuku kaki, akibatnya alat pemotong kuku tidak steril dan saat anda menggunakan kembali alat pemotong kuku tadi, bakteri akan menempel pada alat pemotong kuku. bakteri ini bisa saja menempel pada kuku kaki. Selain itu saat jari kaki anda terluka karena alat pemotong tadi, bakteri bisa dengan mudah masuk ke luka anda sehingga terjadilah infeksi.
  2. Jangan memotong kuku terlalu pendek, sisakan sedikit kuku diujung jari anda. 
  3. Jangan menggunakan sepatu yang sempit agar kuku kaki tidak tertekan

Bagaimana Cara Mengobati Cantengan Pada Jempol Kaki

Dan dibawah ini adalah beberapa cara mengobati cantengan pada jempol kaki.
  1. Satu-satunya cara yang bisa mengobati cantengan pada jempol kaki yang disebabkan oleh ujung kuku yang terlalu runcing adalah dengan merapikan kuku kaki anda agar tidak terlalu tajam. Rapikan kuku dengan kikir yang biasa tersedia di alat pemotong kuku agar tidak terlalu tajam.
  2. menggunakan ramuan tradisional pemakaian luar yaitu dengan menggunakan daun pacar yang dicampur dengan gula merah secukupnya, 1 sendok teh air jeruk nipis yang sudah diperas, lalu semua bahan itu dihaluskan dan ditempelkan pada jempol kaki yang terkena cantengan. Agar tidak terlepas bisa dibalut dengan menggunakan kain kasa dan dibiarkan selama kurang lebih 3 sampai 4 jam.
  3. Cara ketiga adalah dengan menghaluskan daun dan batang tempuh wiyang yang dicampur dengan Gula pasir secukupnya lalu ditempelkan pada jempol/kuku yang sakit.
  4. Cara keempat masih menggunakan obat luar herbal yaitu dengan mencuci dan menghaluskan herba pacar air secukupnya lalu ditempelkan pada jempol yang sakit dan bungkus dengan kain kasa.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country