Minggu, 20 Januari 2013

Mengobati Telinga Yang Berair

Kamu pasti sedang mencari cara mengobati telinga berair, Congek dan torek adalah istilah lain yang digunakan untuk penyakit telinga berair, jika kamu memang sedang menderita telinga berair maka kami akan mencoba untuk memberikan jawaban atas permasalahan kamu.


Banyak orang menganggap sepele masalah ini, ya walaupun telinga berair memang tidak terlalu membahayakan nyawa, namun telinga berair bisa berakibat sampai pada infeksi otak. Jadi begitu anda memiliki masalah dengan telinga seperti telinga berair ini, sebaiknya anda langsung periksakan ke dokter THT. Namun beberapa cara mengobati telinga yang berair dibawah ini juga bisa bermanfaat untuk anda.


Penyebab Telinga Berair


Ada beberapa hal yang bisa menimbulkan telinga seseorang berair, namun penyebab utamanya adalah gendang telinga yang robek disebabkan ada benda asing yang masuk dan merobeknya. Sebab lain adalah peradangan pada lubang telinga bagian luar.

Cara Alami Mengobati Telinga Yang Berair
Gendang telinga yang robek

Apakah kamu pernah mengalami pendarahan saat membersihkan telinga kamu menggunakan pembersih telinga atau cotton bud? Jika ya, sudah dipastikan kamu telah merobek gendang telinga kamu sehingga pendarahan itu muncul. Ini karena kamu terlalu dalam membersihkan gendang telinga. Namun bukan hanya cotton bud, tekanan yang terlalu besar juga bisa memicu hal ini. Misalnya saja saat kamu berenang terlalu dalam yang membuat tekanan disekitar telinga menjadi sangat besar. Sehingga gendang telinga kamu menjadi robek dan membuat cairan sering keluar dari telinga.

Penyebab telinga berair
Membersihkan telinga terlalu dalam bisa menyebabkan gendang telinga robek
Lalu air yang masuk kedalam telinga biasanya membawa kuman yang menyebabkan peradangan. Tidak hanya dari telinga, infeksi dari tenggorokan dan dalam hidung yang melalui tuba eustachius ke ruang telinga tengah juga berpotensi membuat telinga menjadi berair.

Cara Mencegah Telinga Berair


Beberapa hal yang harus anda perhatikan agar anda tidak mengalami telinga berair adalah poin-poin yang akan saya berikan dibawah ini. Sebaiknya anda berhati-hati dalam membersihkan telinga, karena walaupun tidak sesensitif mata, telinga juga termasuk indra yang sensitif. Dibawah ini adalah hal yang harus anda perhatikan untuk mencegah telinga yang berair.

Saat mandi atau berenang, atau dalam kondisi apapun jangan pernah sampai membiarkan air masuk kedalam telinga. Jika berenang, gunakanlah ear plug untuk mencegah masuknya air kedalam telinga yang bisa menyebabkan peradangan.

Segeralah berobat saat anda sedang sakit pilek, infeksi tenggorokan, ataupun batuk.

Jangab membersihkan telinga menggunakan cotton buds terlalu dalam, cukup beberapa milimeter saja dari telingan bagian luar


Cara Alami Mengobati Telinga Yang Berair


Sebenarnya sampai saat ini tidak ada pengobatan tradisional (alami) yang bisa dilakukan untuk mengobati telinga yang berair. Namun untungnya, penyakit telinga berair bisa sembuh sendiri asalkan sistem kekebalan tubuh manusia itu kuat untuk melawan kuman-kuman yang masuk kedalam telinga. Karena saya sendiri pernah mengalaminya dimana gendang telinga saya robek dan saya mengalami pendarahan. Saya juga tidak pernah berobat kedokter setelah itu. Namun sampai saat ini telinga saya memang tidak memiliki masalah. Memang terkadang atau sesekali mengeluarkan air, namun tidak begitu banyak. Untuk masalah pendengaran, saya tidak mengalami masalah apapun.

Cara Mengobati Telinga Berair Menurut Kedokteran


Jika telinga berair yang anda idap tidak terlalu serius, masih bisa diatasi dan pengobatannya juga tidak terlalu sulit. Asal ditangani dengan tepat maka penyakit telinga berair bisa segera sembuh. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan obat antibiotik generik seperti eritromisin atau amoksilin selama seminggu dengan dosis sesuai yang dianjurkan dokter.

Jika infeksi pada telinga anda terlalu parah, sesegera mungkin berobatlah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Perlu anda ketahui kalau telinga yang berair dibiarkan secara terus menerus akan membuat tingkat pendengaran sipenderita menjadi berkurang. Bahkan bukannya tidak mungkin akan mengakibatkan infeksi pada otak.

Dalam pengobatan kedokteran sendiri biasanya sipasien akan diberikan obat minum dan obat tetes telinga untuk mengatasi telinga berair, anda harus mengkonsumsi obat itu selama 3 bulan penuh. Jika selama 3 bulan itu telinga tetap tetap mengeluarkan cairan, maka dokter akan menganjurkan tindakan operasi untuk sipasiennya dengan tujuan membersihkan telinga bagian tengah.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country