Minggu, 20 Januari 2013

tips Mengobati Cegukan Pada Bayi dan Dewasa


Cara Mengobati Cegukan Pada Bayi dan Dewasa

Cegukan, meski bukan penyakit yang mematikan kayak penyakit jantung tapi cukup menganggu juga nih penyakit, gimana enggak coba, dikit dikit heggzz... dikit dikit heggzz.. Bikin bete aja. Dan akhirnya mengganggu aktifitas karena kita ngerasa gak nyaman. Malah gawatnya kalau kita sedang ngobrol dengan orang lain, kan gak enak dan gimana... gitu rasanya waktu ngobrol tiba-tiba heggzz... Untuk bayi sesuaikan saja mana yang kira-kira bisa dilakukan oleh si Bayi.

Dan dalam beberapa kasus, cegukan ini bisa juga menjadi penyebab kematian seseorang loch. Iya, karena cegukan yang berkepanjangan sampai bikin galau dan akhirnya sipenderita bunuh diri. heheee... (cerita ini hanyalah fiksi belaka. Jika ada kesamaan nama tempat, pelaku dan tokoh, itu hanya kebetulan belaka. Peace...). Lalu gimana sih caranya nyembuhin cegukan ini.

Kata orang-orang kedokteran soh, cegukan tu terjadi karena ada diafragma yang kejang diluar kemauan manusia. Jadi biasanya cegukan terjadi kalo CO2 dalam tubuh kita turun terlalu rendah. Beberapa penyebab lainnya ya karena terlalu banyak minum minuman beralkohol dan atau memngkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Kalo orang-orang awam bilang sih cegukan tu karena kita terlalu banyak makan atau minum. Ada yang bilang juga ngobatin cegukan tu ya harus banyak minum (jadi yang bener yang mana?). Sedangkan disisi lain ilmuwan bilang kalo cegukan tu bagus karena mencegah manusia
tersedak.

 Jadi, untuk pengobatannya sendiri ada berbagai versi, yaitu versi orang tua atau nenek moyang kita dan versi modern. silahkan dipilih.


Cara Mengobati Cegukan Versi Orang Tua Dulu

1. Satu sendok teh gula kering ditele. ini bisa menghentikan cegukan kita secara sementara. Kalau dipikir-pikir sih, gula ini nanti bakal mengirimkan sinyal ke syaraf dan sinyal ini akan mengganggu refleks cegukan.

2. Tiduran sambil menekuk kaki kita ke arah perut. Terus tahan dan lakukan ini sampai cegukannya berhenti.

3. Lakukan satu menit yaitu membungkuk dan tangan kita menyentuh jari kaki.

4. Dengan cara menarik lidah kita keluar, terus tarik sampai batasnya atau sampai lidah kita gak bisa ditarik lagi. Tapi jangan sampai putus ya. hehee..

5. Bernapas dengan cara meniup dan menghembuskan udara hingga 10x dalam kantong kertas. Lakukan sampai muka kita merah. Kantong kertas yang kita pakai juga harus tidak memiliki celah untuk keluar atau masuk. Dan lakukan hal ini cepat-cepat ya. Kalao dipikir-pikir logikanya benar juga. Karena kan sudah disebutkan diatas kalau cegukan terjadi karena kita kekurangan CO2 dalam tubuh, dengan dengan menggunakan kantung kertas dan bernafas didalamnya kita jadi menghirup CO2 dalam jumlah banyak.

6. berdiri tegak kemudian minum air, tapi jangan ditelen, ditahan sampai mulut kita buncit atau kembung . Setelah itu mendunduk secara perlahan sampai mulut kita mencium lutut tapi air jangan dikeluarkan dulu. Setelah itu baru airnya diminum perlahan sembari badan kita mulai kembali tegak perlahan-lahan. Dan pada saat posisi badan kita sudah tegak airnya sudah harus habis.

7. Cara lainnya adalah dengan menahan nafas selama mungkin tapi jangan sampai tewas lalu telah ludah yang ada dimulut saat kita mulai merasa mau cegukan(jangan yang sudah kita ludahkan keluar lalu ditelan lagi, kan jorok. icchh..). lkukan ini 2 sampai 3 kali.

Cara Mengobati Cegukan Versi Surat Kabar Online

Ya, saya namainya begitu karena dapetnya juga dari surat kabar online Times of India. Yaitu dengan cara mengatur nafas kita dan rileks serileks-rileksnya lalu minumlah 2 atau 3 gelas air tanpa berhenti. Kalo gak ialng juga tuh cegukan coba aja minum air tanpa bernapas.



Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country