Minggu, 20 Januari 2013

Cara Cepat Mengobati Hepatitis C

Apakah anda pengidap Hepatitis C? Anda pasti sedang mencari-cari cara mengobati hepatitis C dengan cara cepat.

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang cara mengobati hepatitis C, seperti biasa saya akan menjelaskan apa itu penyakit hepatitis C. Hepatitis C merupakan suatu infeksi yang terjadi pada hati dan sangat berbahaya. Penyebabnya tidak lain karena virus hepatitis C, virus ini adalah golongan dari virus RNA dan family Flaviviridae, bersarangnya virus ini membuat hati mengalami peradangan dan akan sangat berbahaya jika tidak segera diambil langkah untuk menyembuhkannya. Bahkan penyakit hepatitis C bisa menjadi lebih berbahaya daripada HIV

Cara Cepat Mengobati Hepatitis C
Virus Hepatitis C

Penularan Virus Hepatitis C


Virus ini sebenarnya tidak menular secara langsung atau bersentuhan dengan penderita. Melainkan dengan melalui darah ke darah. Beberapa contoh yang bisa diambil seperti transfusi darah, kecelakaan kerja yang mengakibatkan cairan tubuh atau darah sipenderita mengenai luka pada tubuh orang lain, penggunaan jarum suntik yang bergantian, dan lain sebagainya. Hubungan seksual juga bisa menjadi penyebab tertularnya penyakit ini, namu kemungkinan untuk itu sangat kecil.

Gejala Hepatitis C


Beberapa gejala yang mungkin timbul akibat penyakit hepatitis C adalah rasa sakit yang luar biasa pada perut mereka, selain itu sipenderita akan mudah sekali merasakan capek bahkan capeknya lebih hebat daripada rasa capek biasa. Gejala lainnya adalah perubahan warna kulit yang semakin lama semakin menguning, dan warna urin yang menjadi gelap. Meskipun begitu, pada beberapa kasus gejala ini tidak muncul sama sekali. Bahkan 75% penderita hepatitis sama sekali tidak menunjukkan gejala apapun.

Mencegah Hepatitis C


Langkah pencegahan sangat perlu dilakukan agar kita tidak terkena serangan virus hepatitis C. Beberapa pencegahan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Jangan pernah menggunakan pisau cukur atau peralatan sejenis lainnya yang beresiko melukai tubuh secara bergantian.
  2. Membuat tatoo juga berpotensi menularkan virus hepatitis C
  3. Jangan memakan makanan dari daging apapun yang setengah matang. Daging yang setengah matang biasanya masih meninggalkan darah dan bisa saja darah pada daging itu mengandung virus hepatitis C.
  4. Olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup serta kerja yang tidak terlalu berlebihan agar daya tahan tubuh tidak menurun.
  5. Periksakan diri anda kedokter untuk mengetahui apakah tubuh anda sudah terjangkiti virus hepatitis c atau belum. Pengobatan dini akan membantu mempermudah penyembuhan tubuh anda dari penyakit hepatitis C.
Catatan : Sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang mampu mencegah penularan virus hepatitis C

Cara Cepat Mengobati Hepatitis C


mengobati hepatitis C bukanlah suatu hal yang mudah. Ada banyak resiko yang akan diterima oleh sipengidap penyakit ini. Pengobatan sedini mungkin adalah satu-satunya cara cepat mengobati hepatitis C. Namun pengobatan hepatitis C bukanlah suatu yang cepat dan bisa dihitung dalam hitungan hari. Penyembuhan hepatitis C tetap membutuhkan waktu yang cukup lama hingga benar-benar sembuh.

Tujuan sebenarnya dari pengobatan hepaitis C adalah untuk menhilangkan virus hepatitis C dari dalam hati atau tubuh anda agar kondisi anda tidak menjadi semakin  buruk.

Senyawa yang biasanya digunakan untuk pengobatan penyakit ini adalah Interferon alfa, Ribavirin, dan Pegylated interferon alfa. Meskipun begitu pengobatan hepatitis C tidak selamanya harus dilakukan. institusi kesehatan nasional sendiri menyarankan pengobatan ini jika anda memenuhi syarat seperti:
1. Virus hepatitis C harus benar-benar ada dalam peredaran darah anda dan telah dibuktikan dari hasil uji lab bahwa tubuh anda positif mengidap virus hepatitis C
2. Level Enzim hati alanine aminotransferase (ALT) meningkat dalam darah.
3. adanya kerusakan hati yang ditunjukkan oleh biopsi.

Pengobatan terhadap hepatitis C juga memiliki resiko yang membuat penyakit ini menjadi lebih serius. Oleh karena itu, kebanyakan dokter akan menyarankan untuk tidak melakukan pengobatan. Namun bisa saja dokter merekomendasikan kepada anda untuk melakukan metode pengobatan dalam melawan virus ini.

Beberapa cara cepat mengobati hepatitis C adalah dengan melakukan terapi obat dan transplantasi hati.

Terapi obat
Terapi ini adalah dengan memberikan suntikkan obat hasil kombinasi dari ribavirin oral  dengan pegylated interferon alfa kedalam tubuh anda. Ini dilakukan untuk membersihkan peredaran darah anda dari virus hepatitis C. Kemungkinan berhasilnya pengobatan ini sebesar 50% untuk penderita genotipe 1 dan biasanya menggunakan dosis yang lebih besar dan dilakukan 2 kali dalam sehari selama 48 minggu. Sedangkan genotipe 2 dan 3 persentase keberhasilannya lebih besar sekitar 80%.

Jika pengobatan diatas sudah dilakukan namun kondisi anda belum juga sembuh dari hepatitis C, biasanya dokter akan merekomendasikan program selanjutnya untuk anda. Dan disini virus akan hilang. Namun akibat dari pengobatan tersebut tentu saja efek samping yang juga parah. Anda bisa menanyakannya langsung kepada dokter anda. Namun biasanya efek samping yang muncul dari pengobatan ini adalah flu berat, insomnia, berkurangnya konsentrasi, depresi dan iritasi, bahkan bisa saja anda terkena anemia akibat dari penggunaan Ribavirin.

Sayangnya, ada beberapa orang yang tidak bisa melakukan pengobatan diatas, yaitu orang dengan penyakit tiroid, penderita autoimun atau sel darah rendah, dan juga pengguna obat-obatan dan pecandu alkohol. Bahkan jika anda pernah memiliki depresi mayor yang tidak terkontrol anda juga dilarang menggunakan pengobatan diatas karena akan mengakibatkan sipenderita cenderung untuk melakukan bunuh diri dan psikosis.

Transplantasi Hati
Jika penyakit hepatitis C anda sudah akut dan berada pada tingkat terakhir, transplantasi hati adalah satu-satunya jalan yang bisa anda tempuh untuk sembuh dari penyakit ini. Sayanya, sangat jarang ada orang yang mau mendonorkan hatinya.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country