Senin, 21 Januari 2013

Cara Mengobati Penyakit Disentri

Jika anda sedang mencari bagaimana cara mengobati penyakit disentri, maka artikel ini bisa membantu anda untuk mengatasi masalah disentri yang anda derita.

Disentri adalah suatu penyakit yang sangat berkaitan dengan masalah buang air besar dan disebabkan oleh bakteri. Menurut wikipedia, disentri adalah suatu penyakit yang memiliki dampak yang luas. Nama penyakit ini sendiri diambil dari bahasa yunani yaitu dys yang berarti gangguan, dan juga enteron yang berarti usus. Dari situ kita bisa ambil kesimpulan kalau disentri merupakan salah satu penyakit usus yang menyebabkan gangguan pada usus kita. Meskipun penyakit ini berbahaya, namun di Indonesia sangat banyak tumbuhan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit pencernaan ini. Beberapa caranya bisa anda temukan dibawah.


Gejala Penyakit Disentri


Bagi orang yang akan menderita disentri, biasanya akan merasakan beberapa gejala seperti  beberapa dibawah ini.
1. Tenesmus, adalah rasa nyeri yang dirasakan penderita saat buang air besar
2. Kotoran atau tinja yang berdarah saat BAB.
3. Selain berdarah, tinja yang dikeluarkan juga berlendir, ini disebut dengan mucus.
4. Sipenderita juga akan mengalami diare dengan kotoran yang encer dan volume tinja yang sedikit.

Cara Mengobati penyakit disentri


Sebenarnya cara mengobati disentri juga tidak terlalu sulit jika kita mengetahui obatnya. Bahkan di Indonesia sendiri sudah tersedia banyak di alam berbagai tanaman yang bisa menyembuhkan disentri. Kita hanya perlu memetiknya dari pohon dan meramu obat tradisional itu. Beberapa cara mengobati disentri bisa anda dapatkan dari beberapa tumbuhan yang diramu seperti dibawah ini.

Biji Bunga Matahari obat disentri1. Biji Bunga Matahari
Cara meramu tanaman ini sangat mudah, anda hanya perlu mencuci hingga bersih biji bunga matahari sebanyak 30 gram yang sudah anda sediakan sebelumnya. Setelah itu rebus  biji bunga matahari itu kedalam segelas air panas.

Tambahkan juga beberapa bahan lainnya yaitu gula batu (secukupnya) dan tumbuhan patikan kebo (30 gram). Tim-lah ramuan itu selama 1 jam penuh. Hasil ramuan tadi harus anda minum setiap hari, sebanyak 1 gelas perhari.


Daun Pepaya Obat disentri

2. Daun Pepaya
Ramuan cara mengobati disentri lainnya selain biji bunga matahari adalah pepaya. Cara membuatnya cukup dengan merebus 1 sendok teh bubuk kopi dan 2 lembar daun pepaya kedalam 1 liter air.

Rebuslah hingga benar-benar matang dan mendidih. Lalu minum ramuan itu sekali setiap hari sebanyak 1 cangkir.



 
Kunyit Obat disentri
3. Kunyit
Ramuan selanjutnya menggunakan kunyit, kunyi tentu bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan terutama di Indonesia. Cara membuat ramuan disentri dengan kunyit ini cukup mudah, hanya dengan merebus 2 gelas air yang dimasukki dengan kapur sirih, kunyit, dan gambir ingga benar-benar mendidih.

Tunggulah air ramuan itu hingga menguap dan hanya menyisakan 1 gelas air saja. Cara penggunaannya dengan meminum air ramuan itu setiap hari hingga disentri benar-benar berhenti.


Kulit buah rambutan obat disentri4. Kulit buah rambutan
Cara membuatnya yaitu dengan merebus potongan kulit buah rambutan bersama dengan 3 gelas air putih, tunggu hingga air menguap hingga menyisakan satu setengah gelas air saja. Saring dan ramuan siap diminum. Ramuan untuk menyembuhkan disentri ini bisa diminum 2 kali dalam sehari sebanyak setengah gelas. Anda bisa meminumnya pada pagi dan sore hari.


Daun Kemangi obat disentri
 5. Daun Kemangi
Ramuan yang kelima adalah daun kemangi, yaitu dengan cara membuat teh dengan menggunakan kemangi ini.

Cara pembuatannya yaitu dengan menyeduh 1 sendok makan daun kemangi dengan setengah cangkir air. Lalu minumlah ramuan itu. Jika rasanya tidak terlalu enak, bisa ditambahkan madu sebagai pemanis alami.




Daun sambang darah obat disentri
6. Daun sambang darah
Daun sambang darah atau yang disebut juga dengan Exoecaria cochinchinensis L ini juga bisa mengobati disentri. Yaitu dengan merebusnya sebanyak 1 genggam menggunakan segelas air putih hingga benar-benar mendidih. Setelah mendidih, segera saring dan tiriskan. Tunggu hingga air ramuan menjadi hangat dan anda bisa meminumnya dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari.


7. Gabungan beberapa bahan
Caranya dengan merebus beberapa bahan seperti Adas, Daun pegagan, Kayu angin, Kayu ules, Pulasari, dan Kayu manis dengan air. Setelah mendidih, tiriskan ramuan tersebut. Anda bisa mengkonsumsinya dua kali dalam sehari hingga penyakit disentri mereda.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country