Senin, 21 Januari 2013

Cara Mengobati Sariawan Di Lidah

Sariawan merupakan salah satu penyakit pada lidah yang membuat penderitanya tidak nyaman, berbagai cara mengobati sariawan di lidah baik secara alami maupun tradisional telah dilakukan namun tidak juga sembuh.

Sebenarnya penyakit sariawan tidak berlu dikhawatirkan karena tidak membahayakan sama sekali, terlebih sariawan di lidah bisa sembuh dengan sendirinya tergantung seberapa serius sariawan itu. Jika diameter sariawan hanya 1cm atau kurang dan terdapat antara 2 hingga 3 sariawan di lidah, biasanya akan sembuh dalam waktu 10 hari saja.

Apa Itu Sariawan di Lidah?


Sariawan atau dalam bahasa resminya adalah stomatis merupakan radang yang terjadi pada mukosa dimulut kita. Bentuknya berupa bercak putih dan sedikit kekuningan. Tidak hanya di lidah, sariawan juga bisa menyerang langit-langit dalam rongga mulur, bibir dalam, gusi, pipi bagian dalam, dan tentu saja di lidah.

Sariawan di Lidah dan Penyebabnya


Banyak hal yang bisa menyebabkan sariawan muncul di lidah, beberapa kebiasaan kita juga bisa menjadi penyebabnya. Dibawa ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan di lidah.
  1. Pemasangan gigi palsu
  2. Kebersihan mulut yang tidak terjaga
  3. Makanan dan minuman yang panas yang menyebabkan luka pada mulut sehingga menimbulkan sariawan
  4. Alergi
  5. Gangguan hormonal (seperti sebelum maupun sesudah menstruasi)
  6. Infeksi
  7. Luka (bisa karena tergigit, terlalu keras menyikat gigi, dll)
  8. Kurang vitamin C, B, dan Zat Besi
  9. Stress
  10. Infeksi oleh mikroorganisme

Siapa Saja yang Bisa Terkena Sariawan di Lidah?


Semua usia bisa terkena sariawan, baik itu tua, muda, remaja, dewasa, bahkan bayi yang usianya antara 6 sampai 24 bulan pun bisa terserang sariawan di lidah.

Sariawan di Lidah dan Bagaimana Mencegahnya


Beberapa hal yang bisa mencegah sariawan adalah sebagai berikut:
  1. Jagalah kebersihan mulut anda dengan rutin menyikat gigi. Bila perlu berkumurlah dengan mouthwash.
  2. Kurangi dan jauhi sebisa mungkin hal-hal yang membuat anda stres.
  3. Jangan memakan makanan atau minuman yang terlalu panas. Makanan dan minuman yang terlalu panas akan membuat lidah terluka dan mengakibatkan sariawan di lidah.
  4. Jika anda alergi terhadap makanan yang terlalu pedas ataupun yang terlalu masam seperti nanas dan cabai, sebaiknya hindari memakan makanan yang seperti itu
  5. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran terutama yang mengandung vitamin C, Zat besi, dan Vitamin B.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Ilmiah


Sebenarnya tidak sulit untuk menyembuhkan sariawan di lidah, bahkan di apotik-apotik tersedia banyak obat yang mampu mengatasi sariawan di lidah. Obat-obatan itu bisa dalam bentuk tetes, salep, dan juga obat kumur. Bahkan pasta gigi khusus untuk sariawan juga tersedia bebas dipasaran. Untuk obat sariawan di lidah yang berbentuk salep akan memiliki kandungan penghilang rasa sakit dan antibiotika.

Lalu bagaimana jadinya jika sariawan yang anda derita sudah terlanjur parah bahkan tidak kunjung sembuh hingga 4 hari? Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter, karena bisa saja itu bukanlah sariawan, melainkan salah satu gejala kanker mulut. Penanganan yang cepat bisa memperkecil resiko anda terkena kanker mulut. Jika sariawan yang anda alami juga disertai dengan demam anda bisa menggunakan obat penurun panas dan antibiotika.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Herbal


Selain membeli obat, sebenarnya ada beberapa cara tradisional dan alami yang bisa anda lakukan untuk segera mengobati sariawan di lidah. Dan dua diantara banyaknya cara adalah dengan menggunakan tanaman saga (Abrus Precatoris ). Tanaman saga mengandung protein, vitamin B1, A, C dan B6. Terutama pada akarnya. Selain itu juga terdapat glisirizin, pentosan, kalsium oksalat, polygalacturomic acid, dan flisirizinat.

Selain tanaman saga, menggunakan belimbing wuluh juga lebih efektif karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi (25,8 mg/ 100 gram). Namun sayangnya, jika anda adalah penderita penyakit maag, sebaiknya anda urungkan niat anda untuk memilih menggunakan belimbing wuluh.

Lalu bagaimana cara membuat dan meracik ramuan herbal ini? Simak resep ramuan berikut ini:

1. Cara mengobati sariawan di lidah menggunakan tanaman saga
Cara membuat ramuan tradisiona untuk mengobati sariawan di lidah yaitu dengan memetik dan menjemur beberapa helai daun saga selama beberapa menit hingga agak layu (jangan terlalu layu), lalu kunyah sampai halus dan sambil digunakan untuk berkumur.

2. Cara mengobati sariawan di lidah menggunakan belimbing wuluh

Beberapa bahan seperti gula aren, asam jawa, dan tentu saja belimbing wuluh sebanyak sepuluh kuntum direbus dan tunggu hingga sisa air mencapai 3/4. Pisahkan ampas dengan air menggunakan saringan lalu minum dengan dosis dua kali sehari.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

visitor country